5 tips menabung untuk anak-anak

Menurut para pakar perencanaan finansial, anak-anak usia 5 tahun dinyatakan sebagai usia ideal mulai diajarkan tentang pemahaman konsep uang dan pengelolaannya. Kita sendiri yang sudah dewasa mengakui bahwa menabung adalah proses yang butuh kesabaran dan waktu sehingga alangkah baiknya jika anak-anak mengetahuinya sedini mungkin.

Menabung akan mengajarkan anak banyak hal seperti rasa tanggung jawab, ketekunan, kerapian maupun bersikap bijak. Tentu manfaat ini harus didapatkan oleh sang anak tanpa merenggut kebahagiaan masa kecil mereka. Pada artikel ini kita akan berbagi 5 tips menabung yang tepat untuk anak-anak:

Bantu anak pahami uang

Seperti proses pengajaran pada umumnya, hal pertama yang harus dilakukan dalam mendidik anak untuk menabung adalah memahami apa itu uang. Anda sebaiknya ajari anak secara perlahan dan menyesuaikan gaya komunikasi sang anak, berikan informasi-informasi mengenai uang, dimulai dari jenis pecahan uang dan bentuk uang, jenis-jenis mata uang, manfaat yang didapat dengan memiliki uang hingga jika diperlukan berikan pengetahuan mengenai sejarah uang itu sendiri.

Manfaatkan media atraktif selama proses pembelajaran agar anak tidak bosan. Anda bisa gunakan buku anak-anak bergambar atau video yang bertemakan tentang edukasi pengelolaan uang. Anda juga bisa menggambar di kertas gambar sambil memperagakannya melalui cerita jika memungkinkan agar anak-anak bisa memahami maksud Anda dengan lebih mudah.

Tidak memberikan semua yang diinginkan oleh anak secara langsung

Setelah proses memahami pentingnya uang, berilah pemahaman kepada anak bagaimana uang itu didapatkan. Anak-anak perlu tahu bahwa uang tidak didapatkan dengan mudah. Ketika mereka menginginkan sesuatu, Anda bisa memberikan sebuah tugas atau tantangan yang perlu dilakukan sang anak. Beritahu anak bahwa mereka akan mendapatkan uang saku tambahan atau imbalan jika berhasil menyelesaikan tugas dari Anda. Tugas yang diberikan tentunya merupakan hal-hal yang sederhana saja misalnya membantu membersihkan rumah, merapikan tempat tidur setiap pagi ataupun berlaku baik kepada tetangga.

Belikan atau buatkan celengan untuk anak

Anda pasti memberikan uang saku untuk anak untuk membeli makanan atau barang yang mereka sukai. Nominal dan intensitas pemberian uang saku mungkin berbeda antara orang tua yang satu dengan yang lainnya. Terlepas dari hal itu, anak bisa mulai menabung di rumah dengan pengawasan langsung dari Anda. Anda bisa membeli celengan berwarna-warni dan berbentuk lucu untuk menarik minat sang anak.

Mintalah mereka untuk menyisihkan uang saku mereka meskipun sedikit. Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah bisa membantu anak Anda untuk mengurangi membeli jajan. Jika anak Anda dapat melakukan program tugas seperti yang disampaikan pada poin sebelumnya, Anda juga dapat menjanjikan mereka untuk mendapatkan tambahan imbalan jika berhasil menabung dengan teratur.

Berikan penghargaan pada pencapaian anak

Ketika anak berlaku tidak baik, Anda sebagai orang tua diharapkan memberikan hukuman yang sesuai. Mereka perlu memahami konsekuensi dari berperilaku tidak baik. Sebaliknya, ketika mereka selalu bersikap baik, Anda patut memberikan penghargaan kepada mereka berupa uang. Penghargaan ini bisa diberikan ketika anak mendapatkan prestasi berupa peringkat terbaik di sekolah, memenangkan sebuah kompetisi ataupun hal-hal unik misalnya berhasil bangun pagi tanpa telat pergi ke sekolah selama 1 tahun penuh.

Pemberian penghargaan ini akan menjadi momen yang dikenang oleh sang anak khususnya ketika beranjak dewasa nanti. Seperti halnya memberikan hadiah saat anak berulang tahun, Anda bisa memberikan pesan-pesan khususnya untuk menggunakan uangnya membeli barang yang disukai dan pastinya menyisihkan sebagian ke dalam celengan atau tabungan.

Ajari anak untuk berbagi

Anak-anak merupakan sebuah anugerah Tuhan yang luar biasa. Kesuksesan mereka dalam hidup dimulai dari pendidikan di rumah. Perilaku orang tua menjadi contoh untuk anak. Anda sebaiknya memberikan contoh kepada mereka untuk berbagi uang kepada yang membutuhkan. Dengan berbagi, kita melatih anak kita untuk lebih memahami uang. Anda melatih mereka untuk tidak selalu memuaskan keinginan diri sendiri namun memberikan kebahagian pada sesama sekaligus membuat mereka lebih bijak dalam menggunakan uang.

Seperti itulah tips yang bisa kami sampaikan tentang mengajari anak untuk menabung. Belajar menabung sejak kecil memanglah penting, semoga Anda bisa mendapatkan manfaat dari artikel yang kami tulis. Jika Anda ingin membuat celengan target untuk anak, silahkan gunakan kotaknabung.com secara gratis!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Featured image
 25 Mar 2022

Bagaimana cara meningkatkan motivasi menabung dan investasi?

Pada artikel sebelumnya tim penulis membahas mengenai cara-cara menabung yang benar. Menabung menjadi kewajiban dengan segala macam tujuan positifnya, namun apakah menabung akan selalu mudah untuk dilakukan?

Baca selengkapnya
Post featured image
 15 Mar 2022

Cara-cara menabung yang benar

Penulis bernostalgia dengan masa lalu pada saat artikel ini dibuat. Di masa kecil, menyisihkan uang recehan pemberian orang tua kemudian dimasukkan ke dalam kaleng susu besar dan disimpan secara rahasia di kamar agar aman.

Baca selengkapnya
 
 
 
 
To top