Bagaimana cara meningkatkan motivasi menabung dan investasi?

Featured image

Pada artikel sebelumnya tim penulis membahas mengenai cara-cara menabung yang benar. Menabung menjadi kewajiban dengan segala macam tujuan positifnya, namun apakah menabung akan selalu mudah untuk dilakukan?

Pertanyaan seperti ini kami kemukakan karena berdasarkan pada pengalaman kami sendiri, kadang ada momen dimana kita menjadi malas untuk mengalokasikan uang ke tabungan, mengurangi nominal target atau paling sering terjadi kita memundurkan waktu untuk menabung. Kami berpendapat hal ini terjadi karena godaan atau hasrat menggunakan uang dengan tujuan kesenangan diri. Entah itu benda, perawatan diri atau wisata, boleh-boleh saja kita gunakan uang kita untuk hal ini namun tetap dengan perencanaan yang baik. Kami sudah berikan tips tentang menabung yaitu pembuatan rekening untuk tabungan dan konsumsi harian. Rekening untuk tabungan tentu boleh lebih dari 1 agar keuangan lebih rapi. Bisa juga memanfaatkan fasilitas tabungan rencana yang dimiliki oleh bank-bank besar. Umumnya tabungan rencana terdapat fitur auto-debit sesuai tanggal yang kita tentukan agar praktis.

Ego kami masih terasa lebih dominan meskipun kami tahu uang dari pemasukan kami harus dikelola dengan baik. Hal ini ada karena kitalah yang memiliki hak penuh atas uang kita namun mari kita berhenti sebentar untuk membaca poin-poin di bawah ini:

Hidup kita tidak selalu mudah

Di lingkup rumah tempat tinggal, tempat bekerja, ataupun kehidupan bermasyarakat skala nasional maupun internasional terdapat faktor-faktor yang menyebabkan keinginan kita tidak bisa tercapai dengan mudah atau cepat. Dari kendaraan yang perlu diperbaiki atau diganti, renovasi rumah, kemacetan yang membuat stress hingga keamanan sosial sering membuat kita mengeluarkan tenaga dan biaya yang banyak demi mendapatkan kenyamanan yang selalu kita inginkan. Khususnya dalam bidang ekonomi, setiap tahun barang pokok cenderung naik harganya akibat inflasi dan efek terburuk yaitu pemasukan yang berkurang sehingga mau tidak mau kita harus menggunakan uang tabungan. Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki tabungan? Kami sarankan untuk memulai menabung dari sekarang dengan cara yang mudah misal dimulai dari nominal yang kecil atau menunda membeli barang-barang sekunder. Mencegah hal buruk terjadi tentu lebih baik bukan?

Ada kejadian yang sangat tidak terduga

Kami berdoa agar kita semua selalu terhindar dari hal buruk. Kami tidak ingin menyebarkan kekhawatiran melalui tulisan ini, kami hanya ingin berbagi fakta-fakta bahwa hal yang sangat tidak terduga bisa terjadi pada siapa saja. Kita bisa membaca tulisan historis atau melihat di media bahwa penyakit, bencana dan kabar duka ada di sekitar kita. Kita ingin menjaga diri dan orang-orang yang kita sayangi. Tanpa memudarkan nilai kasih, uang tabungan, dana darurat atau asuransi bisa menjadi cara untuk mempersiapkan diri.

Ingat tujuan perencanaan keuangan

Menabung merupakan cara yang lebih ideal dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan kita dibandingkan dengan meminjam uang atau berhutang. Selalu ingat bahwa menabung bertujuan untuk menyenangkan dirimu di akhir masa nanti. Yakinlah semua bisa diwujudkan dengan memulai merencanakan keuangan, membuka rekening dan disiplin menyisihkan uang.

Hidup nyaman di masa tua

Sebagai manusia, semakin bertambahnya usia, semakin berkurang kemampuan kita untuk bekerja. Ketika memasuki masa tua, kita tidak bisa bekerja lagi. Tetapi kita masih memerlukan makanan, minuman, tempat tinggal dan kebutuhan pokok lainnya saat masa itu tiba. Kita pasti ingin bahagia di masa tua bersama keluarga, tidak merepotkan mereka terlalu banyak. Kita bisa lihat contoh di luar sana, sepasang kakek-nenek hidup bahagia bersama anak dan cucunya bukan sebuah kesuksesan yang terjadi secara tiba-tiba. Mereka mempersiapkan diri dengan baik melalui proses menabung ini dan menggunakan instrumen investasi lainnya.

Jadi kaya raya

Hal terakhir yang bisa kami sampaikan untuk menjadi pertimbangan, keinginan untuk menjadi orang kaya. Kemudahan dan kesenangan yang bisa kita dapatkan dengan menjadi kaya raya menjadi impian banyak orang. Dan kami yakin ini ada di sebagian besar lubuk hati para pembaca. Menjadi kaya raya tentu tidak bisa didapatkan dengan usaha yang biasa saja. Kegigihan dalam bekerja dan kesabaran merupakan salah satu kuncinya. Seorang entrepeneur Amerika Serikat bernama David Bach menyatakan bahwa dia menjadi miliarder berkat menabung. Dia mengatakan bahwa lebih baik memulai dari nilai yang kecil daripada melakukannya nanti-nanti. Jadi mengapa tidak kita ikuti langkahnya agar kita bisa menjadi seperti dia.

Kita menginginkan kebahagian yang sebenarnya, bukanlah kepuasan sementara dari membeli barang yang nilainya berkurang seiring bertambahnya usia barang tersebut. Kamu tetap berhak untuk menggunakannya sesuai keinginanmu. Kami hanya berharap dengan menyimak ulasan terkait menabung dan investasi ini, kami bisa menyebarkan kebaikan.

Dan bagi rekan-rekan yang memutuskan untuk memulai menabung, jangan berkecil hati dengan nominalnya. Menabung harus sesuai dengan kemampuan dan yang terpenting adalah komitmen untuk menepati target tabungan yang telah dibuat. Semangat!

Photo by Allef Vinicius on Unsplash

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

 4 Apr 2022

5 tips menabung untuk anak-anak

Menabung akan mengajarkan anak banyak hal seperti rasa tanggung jawab, ketekunan, kerapian maupun bersikap bijak. Tentu manfaat ini harus didapatkan oleh sang anak tanpa merenggut kebahagiaan masa kecil mereka. Pada artikel ini kita akan berbagi 5 tips menabung yang tepat untuk anak-anak

Baca selengkapnya
Post featured image
 15 Mar 2022

Cara-cara menabung yang benar

Penulis bernostalgia dengan masa lalu pada saat artikel ini dibuat. Di masa kecil, menyisihkan uang recehan pemberian orang tua kemudian dimasukkan ke dalam kaleng susu besar dan disimpan secara rahasia di kamar agar aman.

Baca selengkapnya
 
 
 
 
To top