Beli 8 barang bekas ini demi menghemat pengeluaran

Sean Ferigan

Ketika ingin membeli sebuah barang, pasti kita semua pernah membandingkan harga barang dari berbagai pilihan merk yang tersedia. Dibandingkan dengan barang bekas, barang kondisi baru memang lebih menjanjikan baik jika dilihat dari kualitas penampilan, kelengkapan fisik dan kesempurnaan fungsi. Selain itu barang baru umumnya dilengkapi dengan garansi dari pabrikan maupun distributor.

Menurut kami untuk barang-barang yang terkait dengan keselamatan diri adalah salah satu contoh benda yang harus dibeli dalam kondisi baru. Barang-barang tersebut misalnya alat perlindungan diri saat bekerja, alat injeksi obat, vaksi, obat-obatan dan sebagainya. Di lain sisi barang bekas pakai atau second-hand menjadi pilihan bagi kita yang memiliki budget terbatas. Disini kami akan menyampaikan pendapat kami berdasarkan pengalaman tentang 8 barang yang dapat Anda beli dalam kondisi bekas:

Buku

Nilai terpenting dari sebuah buku adalah tulisan dan maknanya. Jika fisik buku dalam bentuk yang bagus, sampul dan lembaran halaman baik hanya ada sedikit noda, maka masih layak untuk dibeli. Di marketplace sudah banyak pembaca yang menjual buku mereka setelah menyelesaikannya dengan harga yang bisa 50% lebih murah daripada buku kondisi baru.

Alat musik

Perlengkapan musik menurut kami adalah barang yang umumnya digunakan dan diperlakukan dengan baik oleh penggunanya sehingga kualitasnya tetap terjaga meski sudah beberapa tahun dipakai. Sebagian besar jenis alat musik juga tersedia *spare part-*nya sehingga bisa diganti saat diperlukan. Membeli alat musik kondisi bekas pasti harganya lebih murah daripada yang baru. Namun, perlu diingat, khusus alat musik tiup mungkin Anda perlu mempertimbangkan dahulu aspek kebersihannya ya.

Peralatan olahraga

Alat kebugaran tubuh menjadi salah satu jenis barang yang bisa dibeli dalam kondisi bekas. Contoh peralatan yang bisa kami sarankan seperti tali skipping, dumbbell, kettlebell, ring basket portable, punching bags/samsak, atau sepatu olahraga. Anda mungkin perlu kejelian lebih saat akan membeli alat kebugaran tubuh yang membutuhkan listrik. Pastikan Anda bertemu dengan penjualnya secara langsung dan mengujinya sebelum membelinya.

Perlengkapan anak

Jika Anda memiliki bayi atau balita dan memerlukan banyak perlengkapan, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli perlengkapan anak bekas pakai. Hal ini sudah umum saat ini mengingat kesadaran para orang tua dimana ketika anak mereka sudah besar, perlengkapan anak mereka masih dalam kondisi bagus namun tidak terpakai, akhirnya mereka menjualnya baik secara offline maupun online.

Sekarang juga sudah banyak penyedia jasa penyewaan perlengkapan anak dan mainan. Jika Anda kurang yakin apakah anak Anda akan cocok atau tidak, Anda bisa mencoba opsi ini. Pastinya harga yang ditawarkan lebih murah daripada membeli kondisi bekas sekalipun. Selalu pastikan barang yang dibeli atau disewa bisa dibersihkan atau dicuci agar kesehatan anak tidak terganggu.

Pakaian untuk acara khusus

Jas tuxedo, blazer, gaun, dress atau baju adat merupakan pakaian yang tidak perlu Anda beli. Banyak vendor persewaan baju tersebut seperti salon rias atau butik. Memang Anda perlu mengeluarkan lebih banyak usaha untuk mencari setelan yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda tapi uang yang Anda keluarkan paling tidak akan 10 kali lipat lebih sedikit daripada Anda membeli kain dan menjahitnya.

Sepeda

Sepeda merupakan barang yang bisa dikategorikan awet. Menurut kami Anda tidak perlu khawatir untuk membeli sepeda kondisi bekas. Selain harganya lebih murah, ketika ada kerusakan sekalipun, ada banyak bengkel dan spare part yang tersedia.

Sepeda Motor & Mobil

Kendaraan roda dua atau empat merupakan barang dengan harga mahal. Melihat di pasar, perbedaan antara kendaraan kondisi baru dengan bekas, sangat jauh sekali dibandingkan 6 barang yang sudah kami bahas di atas. Kami menitikberatkan penilaian kami kepada fungsi, jika Anda memiliki budget terbatas namun sangat membutuhkan sepeda motor atau mobil untuk keseharian Anda, sebaiknya Anda membeli kendaraan bekas.

Tips kami, sebaiknya Anda membeli di showroom kendaraan bekas karena menurut pengalaman kami, mereka lebih ahli di bidang tersebut. Pengecekan terhadap kendaraan dilakukan sebelum kendaraan masuk ke showroom mereka. Anda juga bisa mendapatkan garansi setelah Anda membeli kendaraan tersebut. Jika ada masalah, Anda bisa komplain dan mendapatkan penanganan secara profesional.

Rumah

Seperti kita ketahui, rumah tempat tinggal merupakan kebutuhan primer. Bagi Anda yang memiliki penghasilan yang cukup, Anda bisa menggunakan program kredit rumah dengan down payment (DP). Anda bisa gunakan kotaknabung.com untuk membuat celengan target untuk DP rumah impian Anda.

Namun, jika Anda lebih tertarik untuk membeli secara tunai, Anda bisa mempertimbangkan membeli rumah bekas beserta SHM tanahnya. Meskipun desain rumah mungkin tidak sesuai selera Anda, harga yang jauh lebih murah menjadi manfaat nomor satu. Kemudian Anda juga bisa memilih lokasi rumah bekas di permukiman dibandingkan dengan rumah baru yang kadang masih sepi. Lalu umumnya rumah bekas sudah memiliki aliran listrik, PAM dan internet. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk segera menempati rumah tersebut.

Photo by Sean Ferigan on Unsplash

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

 
 
 
 
To top