Cara-cara menabung yang benar

Post featured image

Penulis bernostalgia dengan masa lalu pada saat artikel ini dibuat. Di masa kecil, menyisihkan uang recehan pemberian orang tua kemudian dimasukkan ke dalam kaleng susu besar dan disimpan secara rahasia di kamar agar aman. Menabung merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih jika pada waktunya dibuka, uang yang terkumpul cukup banyak dan bisa digunakan untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Kenangan yang membekas sampai saat ini dan perasaan itu sebenarnya masih ada sampai saat ini. Mencapai nilai tabungan yang diharapkan seperti meraih salah satu bentuk kesuksesan.

Berkaitan dengan kesuksesan dalam menabung, tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan. Penulis disini akan mencoba mengutarakan cara-cara menabung menabung yang baik dan benar berdasarkan pengalaman pribadi dan juga pendapat pakar keuangan.

Gunakan metode menabung yang mudah

Menabung cenderung menjadi kewajiban khususnya bagi kita yang memiliki pemasukan yang lebih dari cukup. Namun demikian, Anda sebaiknya memilih metode menabung yang mudah dilakukan oleh diri Anda. Sebagian orang menyakini bahwa menabung sebaiknya sejumlah 10% dari pemasukan tapi sebenarnya ini tidak selalu benar. Anda bisa mulai menabung dengan nominal kecil secara harian. Anda juga bisa menabung di awal bulan atau bisa juga di akhir bulan sesuai sisa uang Anda. Menabung harus menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Pisahkan rekening tabungan dan rekening harian

Hal terpenting selanjutnya dalam menabung adalah pertanyaan apakah Anda sudah memiliki rekening khusus untuk menabung? Rekening yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok harian seperti makanan, minuman, tagihan listrik, tagihan kartu kredit dan sebagainya bisa disebut sebagai Rekening Harian. Anda diharapkan untuk menggunakan uang dari rekening ini saja. Sedangkan rekening tabungan adalah rekening khusus untuk menyimpan uang Anda. Rekening tabungan bertujuan untuk membantu Anda mengendalikan diri dalam menggunakan uang. Dengan adanya rekening tabungan, Anda bisa mentransfer uang ke rekening ini secara langsung tanpa khawatir uang Anda tercampur dengan uang untuk kebutuhan harian. Perlu diingat, tidak ada aturan baku kapan Anda harus menabung. Anda bisa menyisihkan uang di awal bulan, bisa juga setiap kali Anda memiliki uang sisa/senggang atau hari dimana Anda mendapat pemasukan. Nah, jika Anda belum memiliki rekening khusus tabungan, penulis sarankan untuk segera membukanya.

Pahami kebutuhan dan keinginan

Sebagai seorang manusia, pastilah menyenangkan membeli barang-barang yang diimpikan sejak lama. Tapi apakah barang ini benar-benar kita butuhkan? Menurut perencana keuangan, pada umumnya mereka menyarankan untuk cek 3 hal ini secara berurutan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sesuatu:

  1. Apakah barang tersebut sangat Anda butuhkan saat ini?
  2. Bagaimana jika Anda menunda membelinya?
  3. Apakah ada barang pengganti dari barang yang Anda inginkan itu?

Pertanyaan di atas akan membantu Anda untuk memahami apakah barang tersebut betul-betul sesuatu yang Anda butuhkan atau hanya keinginan Anda semata. Terlebih jika Anda memiliki banyak daftar keinginan atau biasa disebut “wishlist”. Penulis sarankan untuk cek wishlist Anda kemudian singkirkan barang-barang “keinginan” dan fokus pada kebutuhan utama.

Komitmen tinggi untuk terus menabung

Dari beberapa hal penting dalam menabung yang sudah disebutkan di atas, tidak bisa dipungkiri bahwa menabung memerlukan kedisiplinan. Kita harus mampu menahan diri dari membelanjakan uang yang sedang terkumpul untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Poin ini sangat erat dengan poin pertama dimana metode menabung harus mudah dilakukan dan sesuai dengan kondisi pribadi. Sehingga semangat menabung tidak hanya di awal-awal saja, berhenti di tengah jalan tapi terus-menerus dilakukan tanpa ada perasaan malas atau terbebani.

Keadaan genting dan tidak terduga juga bisa saja terjadi dimana besar kemungkinan kita harus mengeluarkan uang dengan nominal yang cukup besar. Sebenarnya ada metode khusus agar situasi ini tidak menjadi semakin sulit yaitu dengan mengalokasikan dana darurat. Tim penulis akan membahas lebih detail apa arti dana darurat pada postingan selanjutnya.

Terlepas dari kemungkinan buruk, tetap saja lebih banyak manfaat yang didapatkan dengan mendedikasikan diri untuk selalu menyisihkan uang. Kita memiliki kolam cadangan uang yang pada saatnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan besar kita. Lebih-lebih sebagai bekal untuk kehidupan masa tua yang lebih nyaman.

Photo by Pablo Arroyo on Unsplash

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

 4 Apr 2022

5 tips menabung untuk anak-anak

Menabung akan mengajarkan anak banyak hal seperti rasa tanggung jawab, ketekunan, kerapian maupun bersikap bijak. Tentu manfaat ini harus didapatkan oleh sang anak tanpa merenggut kebahagiaan masa kecil mereka. Pada artikel ini kita akan berbagi 5 tips menabung yang tepat untuk anak-anak

Baca selengkapnya
Featured image
 25 Mar 2022

Bagaimana cara meningkatkan motivasi menabung dan investasi?

Pada artikel sebelumnya tim penulis membahas mengenai cara-cara menabung yang benar. Menabung menjadi kewajiban dengan segala macam tujuan positifnya, namun apakah menabung akan selalu mudah untuk dilakukan?

Baca selengkapnya
 
 
 
 
To top