Sejarah menabung, celengan dan saving challenge

Sejarah menabung bermula dari keinginan manusia bertahan hidup. Dimulai dari berburu makanan, minuman, pakaian, tempat perlindungan hingga berinteraksi dengan manusia lainnya dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau keamanan. Dalam proses interaksi inilah, manusia menyadari bahwa mereka saling membutuhkan untuk memenuhi keinginannya.

Tidak semua barang-barang pemenuh kebutuhan bisa dihasilkan seorang diri sehingga orang-orang pada dahulu kala memulai kebiasaan bertukar barang atau yang kita sebut sebagai barter. Semakin sering metode barter dilakukan, semakin meluas, semakin nampak pula barang-barang yang selalu dipertukarkan. Meskipun populer, barter memiliki kekurangan karena kita harus mencari orang yang mau melakukan pertukaran dalam waktu yang bersamaan. Keadaan inilah yang memunculkan penetapan barang-barang yang diterima secara umum sebagai alat tukar.

Melalui proses yang panjang dan segala tantangan, pada tahun 2000 SM uang logam dibuat sebagai solusi alat tukar terbaik yang diterima masyarakat global. Seiring dengan berkembangnya ekonomi masing-masing negara, terobosan dilakukan dengan penciptaan uang kertas. Uang kertas menyelesaikan masalah transaksi bernilai besar dan juga lebih praktis untuk disimpan dibandingkan uang logam.

Sejak abad ke 2 sebelum masehi, masyarakat Yunani menggunakan celengan dari tanah liat untuk menyimpan uang mereka. Di Indonesia sendiri celengan juga digunakan pada masa kerajaan Majapahit. Hingga kemudian di era modern abad ke-16, bank muncul sebagai salah satu lembaga keuanganan yang menjamin keamanan uang simpanan mereka. Bank juga menyediakan instrumen berinventasi yang membuatnya semakin menarik.

Kita bisa pahami bahwa menyimpan uang atau harta merupakan bentuk manusia bertahan hidup sedari dulu. Namun demikian, kebutuhan dan keinginan yang terus bertambah juga membuat kita memerlukan rencana yang baik seberapa banyak uang yang kita miliki harus disimpan dan dibelanjakan. Perencanaan keuangan membantu kita untuk mengendalikan hasrat dalam menggunakan uang dan menghindari foya-foya. Salah satu bentuk kendali yang umum adalah membuat target atau alokasi tabungan. Lokasi menabung menjadi prefensi masing-masing, hal yang pokok adalah dengan adanya target tabungan (saving challenge), maka ada standar jumlah yang harus dicapai dan mekanisme dan komitmen disiplin demi masa depan yang nyaman.

Kamu bisa gunakan kotaknabung.com untuk membantu kamu mencapai target tabungan yang kamu inginkan. Caranya sangat mudah. masukkan target tabunganmu dan periode berapa lama kamu akan menabung dan kolom-kolom berisi target menabung bisa kamu download dan print secara gratis. Coba sekarang ya!

Photo by Mathieu Stern on Unsplash

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

 14 Mar 2022

Halo, selamat datang!

Ucapan terima kasih kami kepada pengunjung website.

Baca selengkapnya
 
 
 
 
To top